Cathetané Pak'e Afina

Icon

Saka Ngawi kanthi Trésna

Reparasi CD Rom drive yang tidak bisa membaca

Technorati Tags: ,,,

Saya mempunyai pengalaman dengan CD Rom drive yang susah mengenali dan membaca setiap CD yang saya masukkan. Berbagai cara sudah saya coba, mulai dengan membersihkan CD dengan alkohol, memasukkan CD pembersih (CD yang di permukaannya terdapat sikat, yang di labelnya tertulis untuk membersihkan optik) yang jangankan membersihkan — CDnya sendiri pada akhirnya malah tidak dikenali :-), dan nekat membongkar CD drive tersebut untuk saya bersihkan optiknya memakai cotton bud dan alkohol seperti yang saya baca di tabloid komputer. Berbagai perlakuan tadi ternyata hasilnya nihil.

Setelah saya membeli drive baru (sekalian saya belikan DVD RW), saya mulai mangutak-atik CD drive saya yang rusak. Karena memang benar-benar sudah rusak, saya merasa nothing to lose untuk mengopreknya. Saya amati ternyata pada modul optik di dalam drive tersebut ada semacam potensiometer kecil (trimmer potentiometer) yang menempel pada flexicable yang warnanya coklat. Saya berpikir, “mungkin ini yang membuat drive ini tidak berfungsi.” Logika saya, sejalan dengan umur maka drive tersebut akan berkurang kekuatan optiknya untuk memproduksi sinar laser untuk dipantulkan ke CD dan dibaca oleh optik ini.

Maka saya mulai mencoba-coba mengaturnya dengan memutar kekanan kira-kira 10 derajat. Saya coba memasangnya dan memasukkan CD yang dulunya drive ini tidak bisa membaca. Ajaib, saya buka windows explorer ternyata dia bisa membaca struktur direktori yang terdapat pada CD meskipun belum bisa digunakan untuk melihat isinya maupun mengkopi. Setelah trial and error beberapa kali akhirnya drive tersebut benar-benar bisa digunakan seperti sediakala tanpa tersendat-sendat :-)

Filed under: All About Computer, , ,

15 Responses

  1. pak abu says:

    thank u banyak!coba deh ane lakuin terhadap cd ana.

  2. refresh says:

    ya bener mas samsul cd room bisa di set lewat potensiometer supaya bisa baca lagi, tapi ini ada masalah lagi, begini :
    1. CDRW saya biasa baca tapi g bisa burnig
    2. DVDRW saya yang untuk CD-nya bisa burning bisa baca, tapi yang DVD-nya g bisa sama sekali baik burning maupun baca, tapi setelah saya set potensiometernya DVD-nya bisa baca tapi CD-nya g bisa begitu seterusnya
    untung mengatasi masalah tersebut gimana mas samsul mohon bimbingannya
    thanks ya…
    refresh_kom@yahoo.com

  3. Samsul Hadi says:

    @pak abu
    silahkan dicoba pak, tp ati2 dengan sinar laser cdrom

  4. doez says:

    thank;s BOS

  5. panji says:

    thanks… kalo ane punya nih gak ada drive tapi lampunya aktif dan cdnya berputar….. nah knp tuh…

  6. rif says:

    tank.z… btg infonya… kyknya boleh nwh..

  7. mardjono says:

    thank’s, moga info ini bermanfaat…

  8. iwan says:

    terimakasi………………….sukses

  9. batiqu says:

    assalamualaikum
    kalo DVD-combo di leptop gmn ya?
    punyaku g bs bc sm skali, pd hal pengen instal ulang windos xp, nnton film dll. mw boot XP lwt xp g ngerti crnya…
    oya potensiometer to bentuknya gmn??ksh gambarnya dung..
    thnx

  10. Dicky says:

    itu potensiometer bentuknya kya gmn c trus letaknya dmana ?? saya udah bongkar DVD RW saya, tpi gk nemu….

  11. Riadi Sugeng says:

    kl DVD RW saya ga bisa baca CD yang ga original. gmn tuh mas ?

  12. jamdunia says:

    emh bagus juga berbagi pengalaman and keluhan,
    kalo DVD-RW saya baca DVD bisa, tapi baca CD ga bisa .. bisa. awalnya serba bisa.

  13. ozejk says:

    maaf bang, kalo punya ane CD roomnya berfungsi tapi saat di My Computer kagak ada Gambar CD roomnya..

    tuh solusinya gmna???

  14. wahyu gorden says:

    pertanyaan aja ada jawabannya kosong ,,,,,yang penting solusinya bangggggggg

  15. Hirosuke says:

    Nah kalo di Laptop gimana? :O

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

